- Disajikan Dengan Pilihan Bahasa Yang Lugas Dan Mudah Dipahami-Orang Yang Bijak Adalah Orang Yang Bisa Menghargai Hasil Jerih Payah Orang Lain - Gunakan Tombol BERBAGI Untuk Membantu Menyebarkan Informasi Ini Pada Keluarga Anda - KLIK IKLAN = DONASI

Apa itu VIRUS FLU BABI ?

Ada flu burung dan flu Singapura. Kini muncul flu babi. Apa sebenarnya virus flu babi tersebut?

Flu babi adalah influensa yang disebabkan oleh virus influensa type "A" dengan sub tipe H1N1. Virus ini ditularkan melalui binatang, terutama babi. Cara penularan flu babi melalui udara. Namun, virus dapat pula ditularkan melalui kontak langsung dengan para penderitanya.
Virus H1N1 sebenarnya dapat ditemukan pada manusia dan hewan. Namun, keduanya memiliki

Flu Babi
karakteristik yang berbeda. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai, antara lain, demam tinggi hingga lebih dari 37,7 derajat celcius. Juga nyeri badan, batuk, radang tenggorokan, mual, diare dan sesak nafas. Bahkan, dalam beberapa kasus kematian terjadi akibat gagal pernafasan.

Selain flu babi dunia telah beberapa kali di guncang dengan penyakit serupa, seperti flu burung. Pandemi influensa juga pernah terjadi di dunia, yakni influensa Spanyol tahun 1918 yang menewaskan sekitar 50 juta orang. Kemudian influensa Asia tahun 1957 yang merenggut nyawa 4 juta orang, dan influensa Hongkong tahun 1968 yang menyebabkan 1 juta orang meninggal.

Masyarakat dapat mengantisipasi flu babi sebagaimana antisipasi terhadap flu burung. Di antaranya dengan menerapkan perilaku hidup sehat. Menutup hidung dan mulut saat bersin, mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas serta segera memeriksakan diri setelah mengalami gejala flu






 
Powered by Blogger