- Disajikan Dengan Pilihan Bahasa Yang Lugas Dan Mudah Dipahami-Orang Yang Bijak Adalah Orang Yang Bisa Menghargai Hasil Jerih Payah Orang Lain - Gunakan Tombol BERBAGI Untuk Membantu Menyebarkan Informasi Ini Pada Keluarga Anda - KLIK IKLAN = DONASI

Penuhi Gizi sesuai Kebutuhan


Peran wanita dalam masyarakat kian meningkat seirama dengan kemajuan zaman. Wanita dalam satu hari dapat perperan sebagai istri, ibu rumah tangga dan wanita beklerja dijalani oleh banyak wanita dalam satu waktu sekaligus. Untuk memerankan berbagai peran esensial bagi kehidupan. Wanita memerlukan asupan nutrisi yang baik sebagai sumber energi.

Ahli Nutrisi dari Anahata Wellness Center, Penny Sutedjo, mengungkapkan bahwa menerapkan pola hidup sehat dan mencukupi kebutuhan asupan gizi harian dengan mengkonsumsi makanan yang berimbang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pada dasarnya tubuh membutuhkan karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan cairan lebih tinggi daripada pria karena pada wanita selain aktivitas harian, pada kondisi normal metabolisme hormonal wanita lebih tinggi daripada pria.

Kebutuhan asupan gizi tiap orang itu berbeda-beda tergantung pada usia, aktivitas, jenis kelamin dan lingkungan.

Orang yang hidup di lingkungan pabrik membutuhkan asupan vitamin lebih tinggi daripada orang yang hidup di pedesaan, karena pada daerah pabrik lebih banya radikal bebas.

Kalori yang dibutuhkan tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor, sepertijenis kelamin dan usia. Pada pria15-22 tahun jumlah kalori yang diperlukan sekitar 3000 kalori. Sedangkan pada wanita dengan usia yang sama memerlukan sekitar 2500 kalori, akan tetapi proses metabolismenya tinggi jadi kebutuhan akan cairan lebih tinggi.

Pria rentang 22-50 tahun memerlukan kalori sebanyal 2700 kalori setiap harinya. Sedangkan wanita pada rentang usia yang sama hanya memerlukan sekitar 2000 kalori saja.

Semakin tua seseorang jumlah kalori yang dibutuhkan semakin berkurang.

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan seperti nasi, sayur mayur, dan makanan-makanan lain yang mengandung protein dapat menjadi sumber nutrisi untuk energi. Sumber protein terdapat pada ikan, telur, daging, keju, kacang-kacangan.

Pada dasarnya banyak ekali jenis makanan di sekitar kita yang sangat baik dikonsumsi dan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Dibandingkan beras putih, beras merah mengandung karbohidrat lebih banyak tapi kalorinya sedikit seperti yang dikatakan Penny Sutedjo kepada redaksi. Menurutnya, itu dikarenakan beras putih telah melalui berbagai macam proses. Sifatnya yang pulen sebenarnya kurang baik karena terlalu mudah diserap tubuh menjadi gula darah.

Pentingnya porsi makan yang berimbang dan bervariasi, karena tubuh kita ini pada dasarnya "pintar" karena ketika terlalu banyak mengkonsumsi sesuatu, tubuh langsung memberikan sinyal karena ketidaknyamanan akibat jenuhnya terhadap makanan yang tidak bervariasi dan tidak berimbangnya makanan yang kita makan. Kita pada dasarnya boleh makan apa saja asal tidak berlebihan. Ketika terlalu banyak mengkonsumsi makanan tertentu, justru yang seharusnya makanan tersebut berguna bagi tubuh dapat berubah menjadi racun tubuh.

Prinsipnya semakin banyak variasi warna dan jenis makanan yang kit makan akan semakin baik, tapi perlu diingat bukan makanan dengan pewarna buatan.






 
Powered by Blogger