- Disajikan Dengan Pilihan Bahasa Yang Lugas Dan Mudah Dipahami-Orang Yang Bijak Adalah Orang Yang Bisa Menghargai Hasil Jerih Payah Orang Lain - Gunakan Tombol BERBAGI Untuk Membantu Menyebarkan Informasi Ini Pada Keluarga Anda - KLIK IKLAN = DONASI

Waspada Terhadap Pujian

pujian mencelakakan


Pujian, adalah sebuah pernyataan yang dilontarkan oleh seseorang kepada orang lain dalam rangka menghargai suatu hal atau hasil karya yang dicapai baik disampaikan dalam bentuk lisan maupun dalam bentuk tulisan. Oleh teman, saudara, orangtua atau siapa saja pujian bisa diberikan. Pujian juga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dalam diri, namun kita sebaiknya tetap berhati-hatilah dengan pujian, karena itu adalah serangkaian kata yang harus kita waspadai.

Sesaat ketika kita dihadapkan dengan berbagai pujian entah itu dari rekan kerja, saudara, teman bermain, pasti dalam hati kita akan tersanjung dengan pujian itu, kepala kita akan mengangguk-angguk membenarkannya. Dengan pujian seperti ini kesadaran kita akan hilang karena terbuai oleh perasaan yang nikmat luar biasa.

Berhati-hatilah dengan pujian, seseorang memberikan pujian terhadap kita tetapi pujian yang kita lihat adalah pujian yang berbentuk seperti ular berkulit indah namun dia menyemburkan racun yang sangat berbahaya dan jika kita mulai berkarya atau melakukan sesuatu karena ingin mendapatkan pujian, maka waspadalah, karena keruntuhan akan segera melanda diri kita.

Pujian bagaikan air laut, semakin kita meminumnya maka semakin hauslah kita, karena pujian itu membunuh diri kita secara perlahan, bukan karena banyaknya garam yang diminum, tapi karena serakahnya yang tidak terpuaskan.

Disisi lain kita memerlukan pujian untuk memberikan motivasi, dan pujian yang baik tentunya adalah pujian yang tulus dan jujur serta sesuai kondisinya. Pujian selayaknya diimbangi dengan kritik yang membangun. Pujian bisa juga membuat jebakan atau juga berupa sindiran. Pujian seperti sirup yang membuat kita terlena, berbeda dengan jamu yang pahit rasanya tetapi menyehatkan.

Lakukan sesuatu hal yang bermanfaat dengan setulus hati, karena kita memiliki suatu tujuan yang mulia untuk ditunaikan. Siapkan sebuah keranjang sampah besar untuk nanti kita bersiap-siap membuang semua pujian yang kita terima. Kita tidak memerlukan pujian, kita mempunyai jalan sendiri untuk melakukan segala macam hal tanpa harus mendapatkan pujian-pujian yang hanya akan membunuh niatan kita untuk berbuat baik kepada orang lain.

 
Powered by Blogger