- Disajikan Dengan Pilihan Bahasa Yang Lugas Dan Mudah Dipahami-Orang Yang Bijak Adalah Orang Yang Bisa Menghargai Hasil Jerih Payah Orang Lain - Gunakan Tombol BERBAGI Untuk Membantu Menyebarkan Informasi Ini Pada Keluarga Anda - KLIK IKLAN = DONASI

Atasi Empat Gangguan Tidur

Mendengkur, insomnia, atau penyakit gangguan tidur lainnya, jika tidak cepat ditangani, nanti dapat berakibat fatal dan berpengaruh pada kehidupan Anda. Masalah tidur tentunya dapat memengaruhi kualitas tidur, Padahal disarankan agar sebaiknya dapat tidur 7 hingga 8 jam per harinya supaya energi tubuh tercukupi untuk dapat melakukam kegiatan sehari-hari.

Berikut beberapa jenis gangguan tidur yang mungkin Anda alami:

1. Mendengkur
Tampaknya, hampir semua orang pernah mendengkur, terlepas dari jenis kelamin atau pada usia berapa pun. Dengkuran disebabkan oleh aliran udara yang tersumbat pada saluran yang menyempit antara hidung dan mulut. Suara dengkuran timbul ketika jaringan hidung dan tenggorok bergetar akibat penyempitan rongga tersebut.

2. Insomnia
Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Meski dapat dialami siapa pun insomnia biasanya dialami oleh mereka yang mengonsumsi alkohol, perokok berat, dan depresi.

3. Berbicara saat tidur / Mengigau
Uniknya, kondisi ini sreing terjadi saat kita tengah tak sadar atau pada saat terlelap tidur. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah somniloquy dan dapat dialami oleh siapapun baik anak-anak maupun orang dewasa. Meski terbilang lucu, dalam level yang lebih berat, gangguan ini dapat menyebabkan seseorang mengamuk. Somniloquy biasanya disebabkan kekurangan waktu tidur, stres, masalah emosional.

4. Berjalan saat tidur
Seperti halnya somniloquy (mengigau), kondisi ini terjadi saat seseorang tengah terlelap tidur.Kondisi ini disebut juga somnambulism dan biasanya dialami anak-anak. Berjalan saat tidur bisa membahayakan bila sang penderita berjalan terlalu jauh dari tempat tidurnya. Penyebabnya, kurang tidur, stres, efek samping obat tertentu, dan jadwal tidur tak teratur.

Jika mengalami salah satu dari masalah di atas, bagaimana cara mengatasinya?

1. Pertama-tama Anda mesti membuat waktu tidur Anda cukup yakni 8 jam per harinya. Bila waktu tidur Anda tak teratur, coba disiplinkan diri dengan membuat jadwal tidur teratur setiap harinya. Bangunlah di waktu yang sama pada pagi hari dan tidur di waktu yang sama pada malam hari, meski saat hari libur.

2. Hindari tidur saat siang hari karena akan membuat Anda tetap terjada di malam harinya.

3. Hindari aktivitas yang membuat Anda tertekan 2 jam sebelum waktu tidur. Karena, itu akan membuat Anda tidur dengan perasaan gelisah dan akhirnya sulit untuk tertidur.

4. Berlatihlah teknik relaksasi seperti pernapasan, yoga dan meditasi. Kemudian praktikkan sebelum tidur.

5. Pasang lampu tidur dengan sedikit sinar sehingga bernuansa temaram.

6. Jangan konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda, atau pil diet.

7. Jangan minum minuman beralkohol atau merokok sebelum tidur karena hal itu akan berpengaruh pada kualitas tidur

 
Powered by Blogger