- Disajikan Dengan Pilihan Bahasa Yang Lugas Dan Mudah Dipahami-Orang Yang Bijak Adalah Orang Yang Bisa Menghargai Hasil Jerih Payah Orang Lain - Gunakan Tombol BERBAGI Untuk Membantu Menyebarkan Informasi Ini Pada Keluarga Anda - KLIK IKLAN = DONASI

Wah.. 1 Kali Bersin 1 Jam Ruangan Terkontaminasi

Meskipun hanya satu kali, bersin bisa menyebabkan sebuah ruangan terkontaminasi oleh kuman setidaknya selama 1 jam.

Para peneliti menjelaskan partikel bersin atau batuk yang berukuran mikroskopis mampu beterbangan di udara dalam konsentrasi yang cukup besar.

Satu kali bersin biasanya mengandung 40 ribu tetesan. Oleh sebab itu, bila bersin terjadi di sebuah ruang kantor, pesawat terbang, atau kereta api, bisa menginfeksi seseorang hanya dalam waktu 1 jam. Itu juga menjadi alasan mengapa begitu banyak wisatawan yang menjadi batuk seusai bepergian, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (11/2).

Penelitian itu berdasarkan riset yang dilakukan ilmuwan AS dengan mengumpulkan sampel udara dari ruang tunggu sebuah klinik kesehatan, dan tiga pesawat penerbangan lintas negara. Setengah dari sampel itu mengandung tetesan kecil yang berisi virus flu. Ditemukan pula, 1 m2 udara khas berisi rata-rata 16.000 partikel virus flu. Sebagian besarnya mampu bertahan lama hingga berjam-jam di udara.





''Mengingat tingginya konsentrasi ini, jumlah virus yang mungkin dihirup seseorang selama lebih dari satu jam cukup untuk memicu infeksi,'' kata Linsey Marr, pemimpin penelitian di Virginia Tech.
''Virus yang sarat akan aerosol ini di antaranya berukuran cukup kecil sehingga mampu bertahan selama berhari-hari,'' tambahnya.

 
Powered by Blogger